Jumat, 12 Juni 2009

BEASISWA IPB 2009 Melalui Jalur UTM IPB 2009

Pada tahun 2009 ini untuk pertama kalinya IPB membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Ujian Talenta Mandiri IPB (UTM IPB) yang berbasis kepemimpinan dan kewirausahaan serta cinta pertanian. Melalui jalur ini, IPB akan menjaring sekitar 288 calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta cinta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.

Jalur ini bukan merupakan jalur untuk menghimpun dana masyarakat, melainkan untuk menjaring calon mahasiswa yang bertalenta dan memiliki jiwa kewirausahaan untuk mengembangkan ketahanan pangan. Bahkan melalui jalur ini, IPB akan memberikan dana beasiswa bagi para mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik tetapi kurang mampu secara ekonomi, khususnya bagi calon mahasiswa yang memilih program studi (mayor) yang terkait erat dan secara langsung mendukung usaha ketahanan pangan melalui pemberian beasiswa yang disebut dengan Beasiswa Kewirausahaan dan Beasiswa Ketahanan Pangan. Hal ini merupakan terobosan baru dalam penerimaan mahasiswa IPB.

UJIAN TALENTA MANDIRI INSTITUT PERTANIAN BOGOR (UTM IPB) 2009
Menjaring Talenta Kepemimpinan dan Kewirausahaan

untuk Memajukan Pertanian Sebagai perguruan tinggi terkemuka di bidang pertanian, IPB mempunyai visi menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan. Bertitik tolak dari visi tersebut, maka misi IPB adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi bermutu tinggi dan pembinaan kemahasiswaan yang komprehensif dalam rangka meningkatkan daya saing bangsa;
2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai kebutuhan masyarakat agraris dan bahari pada masa sekarang dan kecenderungan pada masa yang akan datang;
3. Membangun sistem manajemen perguruan tinggi yang berkarakter kewirausahaan, efektif, efisien, transparan, dan akuntabel;
4. Mendorong terbentuknya masyarakat madani berdasarkan kebenaran dan hak asasi manusia untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, IPB selalu mengambil garda terdepan dalam pembangunan pertanian. Peran penting IPB dalam pembangunan nasional yang berbasiskan pertanian dalam arti luas dengan mendasarkan pada prinsip-prinsip berkedaulatan, berkeadilan, dan berkelanjutan telah diakui oleh masyarakat secara luas. IPB terus berupaya meningkatkan mutu akademik untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang unggul dan kompetitif serta sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Upaya ini dilakukan secara internal maupun eksternal melalui kerjasama kemitraan dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, khususnya perguruan tinggi yang mengembangkan bidang pertanian dalam arti luas.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap pembangunan sumberdaya manusia di bidang pertanian, selama ini IPB telah membuka akses secara luas bagi calon mahasiswa dari seluruh pelosok tanah air dengan menawarkan berbagai jalur penerimaan mahasiswa. Penerimaan mahasiswa baru di IPB dilakukan dengan prinsip education for everyone antara lain melalui

(1) Undangan Seleksi Masuk IPB (USMI);

(2) Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN);

(3) Prestasi Internasional dan Nasional (PIN); dan

(4) Beasiswa Utusan Daerah (BUD).

Akhir-akhir ini IPB semakin menyadari bahwa Bangsa Indonesia masih memiliki persoalan mendasar dalam hal kepemimpinan dan kewirausahaan, utamanya untuk memajukan pertanian dalam arti luas. Hal tersebut ditandai dengan sangat sedikitnya figur-figur pemimpin yang berkarakter kuat di berbagai organisasi atau kelompok masyarakat di bidang pertanian, serta tidak berkembangnya agrobisnis dan agroindustri secara memadai karena sedikitnya jumlah wirausahawan.

Di lain pihak, IPB juga telah mendapat tugas mulia yang diamanatkan oleh Presiden RI (Dr. Susilo Bambang Yudhoyono) melalui Pidato Orasi Ilmiah pada saat Dies Natalis IPB ke-45, pada tanggal 4 November 2008, yaitu IPB diharapkan dapat menjadi:

(1) World Class University;

(2) Institut riset bertaraf internasional;

(3) Lembaga yang terdepan dalam studi bidang pertanian; dan

(4) Pelopor dalam gerakan ketahanan pangan. Hal ini berimplikasi bahwa keberpihakan terhadap upaya mencapai ketahanan pangan harus tercermin dalam tindakan dan upaya untuk menjaring calon mahasiswa yang memiliki minat yang tinggi pada program studi (mayor) yang terkait dengan pertanian dan ketahanan pangan.

Untuk merespon hal tersebut, maka pada tahun 2009 ini untuk pertama kalinya IPB membuka jalur penerimaan mahasiswa baru melalui Jalur Ujian Talenta Mandiri IPB (UTM IPB) yang berbasis kepemimpinan dan kewirausahaan serta cinta pertanian. Melalui jalur ini, IPB akan menjaring sekitar 288 calon mahasiswa yang memiliki minat dan talenta yang tinggi dalam kepemimpinan dan kewirausahaan serta cinta pertanian untuk ditempa menjadi sarjana-sarjana yang tangguh dan menjadi calon-calon pemimpin bangsa yang berwawasan pembangunan pertanian yang kuat.

Kriteria penjaringan atau sistem seleksi penerimaan mahasiswa baru tersebut telah dirumuskan dengan cerdas, cermat, dan bermartabat. Perlu ditegaskan bahwa jalur ini bukan merupakan jalur untuk menghimpun dana masyarakat melalui penetapan biaya masuk yang tinggi, melainkan untuk menjaring calon mahasiswa yang bertalenta dan memiliki jiwa kewirausahaan untuk mengembangkan ketahanan pangan. Bahkan melalui jalur ini, IPB akan memberikan dana beasiswa bagi para mahasiswa yang memenuhi persyaratan akademik tetapi kurang mampu secara ekonomi, khususnya bagi calon mahasiswa yang memilih program studi (mayor) yang terkait erat dan secara langsung mendukung usaha ketahanan pangan melalui pemberian beasiswa yang disebut dengan Beasiswa Kewirausahaan dan Beasiswa Ketahanan Pangan. Hal ini merupakan terobosan baru dalam penerimaan mahasiswa IPB.

Kriteria dan perangkat tes telah dirancang sedemikian rupa agar dapat memperluas aksesibilitas tetapi dengan memasukkan dimensi karakter kepribadian yang khas untuk dapat menangani masalah ketahanan pangan nasional. Selain itu, perangkat tes juga dirancang agar dapat menjaring talenta calon mahasiswa yang dapat memperkuat pengembangan institusi sesuai dengan Visi IPB 2013 yaitu untuk menjadi perguruan tinggi berbasis riset kelas dunia dengan kompetensi utama pertanian tropika dan biosains serta berkarakter kewirausahaan, yaitu antara lain meliputi pengembangan talenta Kepemimpinan, Kewirausahaan, dan Cinta Pertanian, selain kriteria akademik pada kemampuan analisis matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, serta kemampuan Bahasa Inggris.

Melalui jalur UTM IPB mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih semua program studi (mayor) yang ada di IPB dengan pembatasan pada daya tampung dari setiap program studi. Secara total jalur ini dapat menjaring 288 calon mahasiswa IPB. Nama Fakultas beserta Program Studi (mayor) dan daya tampung tersebut adalah:

A. FAKULTAS PERTANIAN (37 mahasiswa)

Manajemen Sumberdaya Lahan (10 mahasiswa), Agronomi dan Hortikultura (10 mahasiswa), Proteksi Tanaman (12 mahasiswa), Arsitektur Lanskap (5 mahasiswa)

B. FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN (12 mahasiswa)

Kedokteran Hewan (12 mahasiswa)

C. FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN (58 mahasiswa)

Teknologi dan Manajemen Perikanan Budidaya (6 mahasiswa), Manajemen Sumberdaya Perairan (10 mahasiswa), Teknologi Hasil Perairan (18 mahasiswa), Teknologi dan Manajemen Perikanan Tangkap (17 mahasiswa), Ilmu dan Teknologi Kelautan (7 mahasiswa)

D. FAKULTAS PETERNAKAN (30 mahasiswa)

Teknologi Produksi Ternak (20 mahasiswa), Nutrisi dan Teknologi Pakan (10 mahasiswa)

E. FAKULTAS KEHUTANAN (49 mahasiswa)

Manajemen Hutan (10 mahasiswa), Teknologi Hasil Hutan (10 mahasiswa), Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata (14 mahasiswa), Silvikultur (15 mahasiswa)

F. FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN (9 mahasiswa)

Teknik Pertanian (3 mahasiswa), Teknologi Pangan (2 mahasiswa), Teknologi Industri Pertanian (2 mahasiswa), Teknik Sipil dan Lingkungan (2 mahasiswa)

G. FAKULTAS MATEMATIKA DAN IPA (40 mahasiswa)

Statistika (5 mahasiswa), Meteorologi Terapan (5 mahasiswa), Biologi (5 mahasiswa), Kimia (5 mahasiswa), Matematika (5 mahasiswa), Ilmu Komputer (5 mahasiswa), Fisika (5 mahasiswa), Biokimia (5 mahasiswa)

H. FAKULTAS EKONOMI DAN MANAJEMEN (30 mahasiswa)

Ekonomi dan Studi Pembangunan (5 mahasiswa), Manajemen (10 mahasiswa), Agribisnis (5 mahasiswa), Ekonomi Sumberdaya dan Lingkungan (10 mahasiswa)

I. FAKULTAS EKOLOGI MANUSIA (23 mahasiswa)

Ilmu Gizi (5 mahasiswa), Ilmu Keluarga dan Konsumen (13 mahasiswa), Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (5 mahasiswa)

Pendaftaran peserta UTM IPB dapat dilihat pada

http://www.utm.ipb.ac.id

dimulai dari tanggal 18 Mei 2009 dan pendaftaran akan ditutup pada tanggal 29 Mei 2009. Setiap calon mahasiswa diberi kesempatan untuk memilih maksimal dua (2) program studi (mayor) yang ada di IPB. Biaya formulir pendaftaran ditetapkan sebesar Rp. 400.000,-. Pendaftaran dilakukan secara kolektif melalui Kepala Sekolah masing-masing calon peserta. IPB tidak melakukan kerjasama dengan pihak mana pun selain sekolah, sehingga pendaftaran lewat pihak-pihak di luar sekolah tidak akan dilayani.

Pembayaran dilakukan secara individual oleh calon peserta ke pihak sekolah. Selanjutnya pihak sekolah akan mengirimkan secara kolektif ke Bank BNI Cabang Bogor pada Rekening Rektor IPB Nomor 3895306. Panitia tidak menerima pembayaran secara tunai. Kepala Sekolah mengirimkan surat lepada PPMB IPB dengan melampirkan: Daftar Calon Peserta UTM IPB (Form Calon Peserta) dan Copy bukti transfer dari bank yang ditujukan ke alamat email: utm@ipb.ac.id atau melalui fax ke nomor 0251 - 8422 219 selambat-lambatnya tanggal 29 Mei 2009.

Pengisian formulir pendaftaran UTM IPB dan pengambilan tanda peserta UTM IPB akan dilakukan pada Hari Rabu - Kamis, tanggal 10 - 11 Juni 2009 di Bogor, Surabaya, dan Medan. Peserta harus datang sendiri dan tidak diwakilkan.

Persyaratan yang diperlukan untuk verifikasi adalah: Keterangan Lulus UN, Kartu Tanda Pengenal Diri (KTP/SIM), dan Bukti Transfer Biaya UTM IPB dari sekolah.

Materi tes mencakup:

1. Tes Potensi Akademik (Tes Skolastik),
2. Tes Psikologi, dengan penekanan pada aspek-aspek: Cinta Pertanian (minat yang tinggi terhadap bidang pertanian dalam arti luas sesuai dengan pilihannya), Kepemimpinan, serta Kewirausahaan,
3. Tes Bidang Studi Dasar yaitu Tes Matematika Dasar dan Bahasa Inggris,
4. Tes Bidang Studi IPA yang meliputi Materi Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.

UTM IPB dilaksanakan pada Hari Sabtu dan Minggu tanggal 13 dan 14 Juni 2009.
Pelaksanaan UTM IPB dalam bentuk Pilot Program di Kota Bogor, Medan, dan Surabaya. Hasil tes akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2009. Batas akhir pendaftaran ke IPB pada tanggal 1 Agustus 2009.

Awal perkuliahan akan dilangsungkan bersamaan dengan mahasiswa yang masuk melalui jalur penerimaan lainnya.

Comments :

0 komentar to “BEASISWA IPB 2009 Melalui Jalur UTM IPB 2009”